Truly Experiences the Origin of Bali

Sambutan Rektor

Om Swastyastu, 

Puja pangastuti miwah angayu bagia katur ring Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmatNya, Proposal Kesiapan Penyelenggaraan Darmasiswa RI ISI Denpasar telah rampung sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Darmasiswa adalah program beasiswa non degree yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para mahasiswa dari mancanegara untuk belajar bahasa, seni, dan budaya pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Gambaran Umum

Institut Seni Indonesia atau ISI Denpasar – Bali merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni di Indonesia yang masuk rangking seratus besar terbaik dari 2624 perguruan tinggi se-Indonesia, versi webometrics rank 2022. ISI Denpasar memiliki Fakultas Seni Pertunjukan dengan lima Program Studi Sarjana yaitu Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Musik, dan Pendidikan Seni Pertunjukan. Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki sembilan Program Studi Sarjana  dan Sarjana Terapan antara lain: Kriya, Seni Murni, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Fotografi, Desain Produk, Desain Mode, Produksi Film dan Televisi, dan Animasi. Program Magister, terdiri atas Magister Seni, Desain, dan Pendidikan Seni. Memahkotai kualitas layanan pendidikan tinggi, ISI Denpasar memiliki program studi Doktor Seni.

ISI Denpasar mengumandangkan VISI 2020-2024 yaitu: “Mewujudkan ISI Denpasar sebagai Pusat Unggulan Pemajuan Seni Budaya Berakar Kearifan Lokal, Berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dan Berdaya Saing Global, serta Terciptanya Sivitas Akademika Berjiwa Pancasila, Tangguh, Dinamis, Kritis, Kreatif, juga Inovatif”. Upaya implementasi visi tersebut ditopang program aktualisasi stratejik, dilakukan dengan kebijakan penataan publikasi dengan konten-konten bermutu dan substantif; sosialisasi berorientasi pada pengarusutamaan capaian kinerja dalam  penguatan dan pemajuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat baik secara mandiri maupun kerja sama-kemitraan. Aktualisasi stratejik juga dibangun dengan moto: Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH). Moto ini menjadi semboyan dan ikrar dalam membangun itikad dan tekad bersama mewujudkan ISI Denpasar maju dan bermartabat.

ISI Denpasar resmi berdiri pada 28 Juli 2003, lahir, tumbuh, dan berkembang seiring dinamika dan upaya penguatan kelembagaan, serta pemajuan nomenklatur keilmuan seni yang terus berjalan. Sejak berstatus Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) pada 1967, meningkat menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), 1992, lembaga pendidikan tinggi seni ini konsisten pada dedikasi untuk menyebarkan spirit ke-Indonesiaan, berbasis kearifan lokal, sekaligus berwawasan universal, dan berdaya saing global.

Mewujudkan profil lulusan yang tangguh, berjiwa Pancasila, dinamis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam bidang penciptaan, pengkajian, pendidikan, penyajian, dan kewirausahaan seni-budaya-desain, ISI Denpasar dalam capaian mutakhir, telah melakukan beragam upaya strategis dalam pembenahan sistem, pengembangan kelembagaan, penguatan nomenklatur keilmuan seni dan desain, peningkatan kualitas sumber daya manusia, membangun ekosistem kerja sama dan kemitraan, serta strategi kebijakan perencanaan yang pro pada pemajuan sarana prasarana laboratorium, studio, dan teknologi digital baik perangkat keras maupun lunak.

Program Beasiswa Darmasiswa RI adalah progam beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada mahasiswa asing dari negara-negara sahabat untuk belajar bahasa Indonesia, seni, dan budaya pada perguruan tinggi di Indonesia. Sifat program Beasiswa Darmasiswa RI adalah non-degree progam yang bertujuan untuk mempromosikan bahasa, seni, dan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional. Program ini juga telah menjadi timbal balik (reciprocal) pemberian beasiswa antara pemerintah Indonesia dengan negara lain serta menjadi salah satu unsur diplomasi.

Program kebijakan ini telah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi secara regional sejak tahun 1974 yang pada awalnya hanya diikuti oleh para peserta dari negara-negara anggota ASEAN, dan dengan pengembangan secara terus menerus hingga kini Program Beasiswa Darmasiswa RI ini telah diikuti oleh para peserta dari berbagai negara di Kawasan Asia, Amerika, Eropa, Afrika, dan Australia. Program ini sangat efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan bahasa, seni, dan budaya Indonesia melalui peran aktif para perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri.

Sejak tahun 1998 Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar telah dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Seni pelaksana Program Beasiswa Darmasiswa RI dalam bidang seni dan budaya. Peran aktif Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar adalah semata-mata untuk memberikan dukungan yang sebesar-besarnya terhadap program-program kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui diplomasi bahasa, seni, dan budaya yang merupakan representasi garis kebijakan Soft Diplomacy luar negeri Pemerintah Republik Indonesia.

Tercatat sebanyak 577 orang peserta Program Beasiswa Darmasiswa RI sejak 1998 sampai dengan tahun 2019 yang telah mengikuti Pendidikan seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, dengan jumlah rata-rata peserta per tahun sebanyak 26 orang. Jumlah ini menunjukkan animo  yang sangat besar dari masyarakat internasional untuk mengenal, mempelajari, dan mendalami seni dan budaya Nusantara, sekaligus memberikan gambaran bahwa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar memiliki kemampuan sebagai center of excellence di bidang seni dan budaya yang bersaing dan profesional.

Posisi Bali sebagai campuhan  (pusat pelintasan) budaya-budaya dunia sejak abad VII (Bali Padma Bhuwana), memiliki kontribusi strategis terhadap keberandaan ISI Denpasar, yang secara langsung menjadi daya tarik peserta Darmasiswa RI selama ini.  Bali memiliki akar kultur yang luhur sekaligus menjadi etalase inovasi seni budaya dunia masa kini, menjadi lokus prestisius bagi setiap pekerja kreatif dunia yang menyinggahi. Potensi Bali yang penting ini menjadi nilai tambah bagi penyelenggaraan Darmasiswa RI di ISI Denpasar.   Hal strategis lainnya, Bali memberi kemudahan akses akomodasi, transportasi, kesehatan dan hiburan. Keunggulan berikutnya terdapat banyak Konsulat Jenderal negara-negara di dunia berkantor di wilayah Denpasar, yang akan memudahkan komunikasi dengan perwakilan negaranya bagi peserta penerima beasiswa.

Rincian Program

Rincian Program Beasiswa Darmasiswa RI ISI Denpasar terdiri dari 20 (dua puluh) SKS, 14 (empat belas) SKS pembelajaran kelas dan 6 (enam) SKS dalam Bali Nata Bhuwana Plus. Dua puluh SKS terdiri atas 14 (empat belas) SKS pembelajaran kelas dan 6 (enam) SKS dalam Bali Nata Bhuwana Plus. 14 (empat belas) SKS pembelajaran kelas terdiri atas 2 (dua) semester yaitu semester genap dan semester gasal. Semester genap terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib yakni Bahasa Indonesia dengan bobot 2 (dua) SKS. Mata kuliah pilihan terdiri atas:

  1. seni lukis tradisional Bali dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  2. pakeliran wayang parwa dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  3. legong kuntul-kuntir dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  4. dramatari gambuh dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  5. reka amarasi dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  6. ornamen nusantara dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  7. ashta bumi kosali dengan bobot 3 (tiga) SKS; atau
  8. karawitan teater tradisional dengan bobot 3 (tiga) SKS.

Semester gasal terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib yakni Bahasa Indonesia dengan bobot 2 (dua) SKS. Mata kuliah pilihan terdiri atas:

  1. teknik ukir tradisional dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  2. seni lukis klasik Bali dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  3. wastra nusantara dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  4. repertoar karawitan klasik dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  5. cinderamata tradisi dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  6. kecak dengan bobot 3 (tiga) SKS;
  7. wayang tradisi Bali dengan bobot 3 (tiga) SKS; atau
  8. seni patopengan dengan bobot 3 (tiga) SKS.

Bobot pembelajaran program Darmasiswa dalam Bali Nata Bhuwana Plus sebanyak 6 (enam) SKS, terdiri atas:

  1. workshop tematik;
  2. praktik kekaryaan;
  3. diseminasi; dan
  4. dialog budaya.
    Sistem Perkuliahan

    Sistem pembelajaran kelas mengikuti perkuliahan regular. ISI Denpasar menerapkan satuan kredit semester bagi peserta Program Beasiswa Darmasiswa RI. Satuan kredit semester sebagai cara untuk melakasanakan program Pendidikan dalam rangka mengukur perkembangan studi para peserta. Sistem perkuliahan terdiri atas 2 (dua) jenis, yaitu:

    1. Mata Kuliah Bahasa Indonesia bobot 2 SKS, dilaksanakan dalam pembelajaran kelas yang berlangsung per satu minggu:  

    • 100 menit tatap muka
    • 120 menit aktivitas akademik terstruktur
    • 120 menit  aktivitas akademik mandiri

    2. Mata Kuliah Pilihan dengan bobot keseluruhan 14 SKS, dilaksanakan dalam pembelajaran kelas praktikum yang setiap mata kuliah per satu minggu berlangsung selama 510 menit (8.5 jam).

      3. Program pembelajaran Bali Nata Bhuwana Plus dilaksanakan dalam setiap jeda semester selama 1-2 bulan intensif, terdiri atas:

      • workshop tematik;
      • praktik kekaryaan;
      • diseminasi; dan
      • dialog budaya.

      Pelaksanaan pembelajaran Bali Nata Bhuwana Plus dilakukan di luar dan/atau di dalam kampus. Peserta Program Beasiswa Darmasiswa RI diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk turut serta dalam setiap kegiatan Bali Nata Bhuwana Plus di luar kampus yang dipandang dapat memberi manfaat besar bagi para peserta. Kegiatan Bali Nata Bhuwana Plus sangat berdampak positif bagi para peserta mengingat bahwa pembelajaran selain di kelas akan mampu menumbuhkan minat dan sentuhan rasa yang kuat terhadap seni budaya dan bahasa setelah mereka melakukan observasi dan pengalaman langsung ketika berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

      Evaluasi

      A. Pembelajaran Kelas

      • Evaluasi dan penilaian terkait daya serap pembelajaran oleh para peserta Program Beasiswa Darmasiswa RI dilaksanakan secara regular setiap akhir tahun akademik tepatnya pada bulan juli tahun berjalan.
      • Evaluasi dan penilaian dilaksanakan berdasarkan atas hasil pemantauan dosen terhadap para peserta selama periode perkuliahan, dan berdasarkan atas hasil perkuliahan, praktikum dan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen kepada seluruh peserta.
      • Skor hasil evaluasi dan penilaian diinformasikan melalui pemberitahuan tertulis.
      • Hasil evaluasi dan penilaian merujuk pada daftar nilai huruf dan nilai bobot sebagai berikut ;

                Nilai huruf Nilai bobot 

                 A = 4 atau nilai bobot 85 – 100

                 B = 3 atau nilai bobot 70 – 84

                 C = 2 atau nilai bobot 55 – 69

      B. Pembelajaran Bali Nata Bhuwana Plus

      Penilaian Bali Nata Bhuwana Plus dilaksanakan pada saat diseminasi oleh dosen pengampu.

      Transkrip Akademik dan Sertifikat

      Sebagai bukti akhir penyelesaian program yang diikuti oleh para peserta, maka Sekretariat Program Beasiswa Darmasiswa RI di Lembaga Perguruan Tinggi menerbitkan transkrif akademik dan sertifikat dengan predikat kelulusan terdiri atas 3 tingkat yaitu; memuaskan, sangat memuaskan dan dengan pujian yang dinyatakan pada transkrif akademik. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program studi adalah;

      IPK 3,50 – 4,00 : Predikat pujian

      IPK 3,01 – 3,50 : Predikat sangat memuaskan

      IPK 2,76 – 3,00 : Predikat memuaskan

      Kalender Akademik
      1. Program regular 12 (dua belas)  bulan dimulai pada bulan Agustus 2023 sampai Agustus 2024.
      2. Semester I; bulan Agustus 2023 – Pebruari 2024
      3. Semester II; bulan Pebruari 2024 – Agustus 2024
      Rincian Beasiswa
      1. Biaya Hidup 2.600.000/bulan
      2. Settlement Allowance 5.200.000/tahun
      3. Biaya Buku 5.000.000/tahun

      Any questions, please contact whatsapp :

      Mrs. Ayu Rahmawati

      Mrs. Nyoman Lia Susanthi

      Loading...