RISET DOSEN ISI DENPASAR HASILKAN INOVASI PENGAJARAN TARI BALI & JAWA DALAM BAHASA INGGRIS

RISET DOSEN ISI DENPASAR HASILKAN INOVASI PENGAJARAN TARI BALI & JAWA DALAM BAHASA INGGRIS

Visi Institut Seni Indoensia (ISI) Denpasar untuk menjadi pusat unggulan (centre ofexcellence) seni budaya berbasis kearifan lokal berwawasan universal, sudah sangat seirama dengan kiprah kampus seni ini dalam kegiatan Tri Dharma yang mencakup bidang pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. Dalam bidang penelitian (riset), para dosen ISI Denpasar selalu aktif mengadakan penelitian baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun dengan biaya dari DIKTI.

Dalam sebuah penelitian Hibah Bersaing yang diketuai oleh Ni Ketut Dewi Yulianti, S.S., M.Hum. dengan anggota Drs. Rinto Widyarto, M.Si. dan Ni Ketut Yuliasih, SST.,M.Si. dan mengangkat judul ‘Inovasi Pengajaran Tari Bali dan Jawa dengan Dua Bahasa (Indonesia-Inggris) dalam Upaya Memeperkokoh Kiprah ISI Denpasar di Dunia Internasional” yang didanai oleh DIKTI pada tahun 2014, telah menghasilkan sebuah buku teks dwibahasa dengan judul “Inovasi Pengajaran Tari Bali dan Jawa dengan Bahasa Indonesia dan Inggris’, serta dua DVD dengan judul “ Inovasi Pengajaran Gerak Dasar Tari Bali dengan Bahasa Inggris dalam Upaya Memperkokoh Kiprah ISI Denpasar di Dunia Internasional” dan Inovasi Pengajaran Gerak Dasar Tari Jawa dengan Bahasa Inggris dalam Upaya Memperkokoh Kiprah ISI Denpasar di Dunia Internasional”

Buku panduan pengajaran tari Bali dan Jawa dalam bahasa Indonesia dan Inggris serta DVD yang berisi rekaman pengajaran tari Bali dan Jawa dalam bahasa Inggris, tidak hanya bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa ISI Denpasar, namun juga memberi dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat umum yang belajar dan mengajar seni tari. Selain mengajarkan gerak dasar tari Bali dan Jawa dengan buku dan DVD tersebut, mereka akan secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Sanggar-sanggar seni yang tersebar diseluruh Bali juga dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai acuan dalam mengajarkan tari kepada orang asing, sehingga hasil penelitian ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan budaya Bali dan Jawa ke dunia Internasional.

No Comments Yet.

Leave a comment